[Industri Musik 2016] Penilaian Top 10 Entertainment Korea


Banyak hal yang terjadi di tahun 2016. Baik dalam hal kondisi negara maupun di industri entertainment. Diantaranya, hal yang terjadi dalam industri musik tidak bisa diabaikan. Ada beberapa grup yang mengucapkan selamat tinggal dan bubar serta ada pula grup baru yang muncul, beberapa sukses kembali, dan penyanyi lain berhasil naik ke puncak dan mengumumkan langkah selanjutnya. Ada juga yang memamerkan kekuatannya dan menunjukkan peningkatan yang drastis.

Sementara itu, Exports News memilih 10 Perusahaan yang mewakiliki Korea tahun ini, dan sekarang saatnya menyimak 'penilaian 2016' setiap perusahaan. Aku harap kalian akan mempertimbangkan fakta bahwa orang-orang yang terlibat dalam setiap perusahaan memiliki banyak pengaruh bagi artisnya. Aku pikir akan ada hal menarik dari artikel ini untuk diperhatikan dengan perbedaan "rasa" dari tiap perusahaan dan grup yang dimilikinya. Tiga perusahaan besar: SM, YG, dan JYP Entertainment kemudian diikuti dengan perusahaan lain berdasarkan urutan alfabet.


◈ SM "Di tahun 2016, meraih rekor baru"
'Triple Million Sellers' Exo membuat unit pertamanya, berbagai kolaborasi dengan artis eksternal, dan MBC 'Infinite Challenge', dan lainnya. Taeyeon, yang bekerja cukup keras sehingga diberi julukan 'Taeyeon of the Month', mengukuhkan posisinya sebagai seorang vokalis. Red Velvet juga menghbiskan tahun ini dengan 'Russian Roulette' yang bertahan lama. Shinee membuktikan warna musik mereka yang unik, dan Kyu Hyun juga menutup trilogi Autumn-nya. Selain itu, boy grup baru NCT telah diluncurkan dan saluran musik baru 'Station' juga dinilai sebagai pekerjaan yang berarti dengan menunjukkan penyanyi, perusahaan, merek dan kolaborasi dengan berbagai genre. Khususnya pada tahun ini Yoona Yuri, Seo Hyun, D.O, Minho dan lainnya tampil dengan baik. Ini merupakan tahun yang memuaskan bagi SM dimana mereka sukses menghadapi tantangan untuk mencatat rekor baru dan selanjutnya tumbuh menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal.

◈ YG "Aku membuat tahun ini untuk menantikan tahun depan yang lebih baik"
Tahun ini, YG telah meletakkan dasar untuk ekspektasi lebih jauh lagi di tahun depan. Big Bang merilis full album pada tanggal 13 dan Sechskies memiliki rekor yang bagus dengan lagu barunya 'three words' dan re-album setelah konser. Psy sedang menyiapkan konser di akhir tahun. CL telah meletakkan dasar untuk promosi US, dan Sandara Park masih melakukan kegiatan individu di Filipina. Winner sedang aktif dalam aktivitas individu setelah berubah menjadi grup dengan 4 member. Black Pink, yang debut tahun ini, juga menerima nilai yang menonjol, termasuk penghargaan Rookie of the Year. Akdong musician juga sedang menyiapkan pijakan untuk aktivitas luar negeri dan mucik China.

◈ JYP "Pertumbuhan lebih lanjut untuk Generasi selanjutnya"
'NeXT Generation' Got7 dan Twice telah meraih pertumbuhan yang luar biasa baik di Korea maupun di luar negeri, dan Wonder Girls, 2PM telah sukses dalam perkembangan musik dan memelopori jalan baru. Selain itu, artis solo seperti Baek Ayeon dan Baek Yerin juga populer. Hal ini menunjukkan bahwa spektrum musik JYP telah meluas dan protofolinya semakin beragam juga. Ini merupakan hasil yang baik dimana tahun ini JYP telah mengumpulkan banyak penyanyi dan menyebarkan berbagai genre musik dengan baik. Kekuatan lainnya adalah potensi pertumbuhan artis JYP masih tinggi.


◈ Big hit "Hasil yang bagus dari konsistensi"
Konsistensi dan ketulusan dari artis Homme dan BTS membuahkan hasil yang baik tahun ini. BTS mengakhiri seri 'The most beautiful moment in life' dan memperoleh prestasi yang luar biasa dengan menjadi rekor pertama penyanyi Korea di US Billboard dan UK charts melalui album reguler kedua mereka 'WINGS'. Ini merupakan peluang untuk menunjukkan kemampuan K-POP. Kita akan menanti tahun depan ka I think it was the opportunity to show the possibility of K-POP. Perusahaan berencana untuk melanjutkan pertumbuhannya dengan memulai tur luar negeri pada bulan Februari tahun depan. Homme juga memperoleh cinta fans dengan stabil sebagai vokalis sensitif.

◈ Starship "Pertumbuhan pendatang baru (rookie), aktivitas stabil dari penyanyi yang telah ada"
Saluran musik baru Starship Vintage Box menghasilkan performa yang bagus dan menjadikan tahun 2016 memuaskan. Member grup baru Monsta X telah membangun kesadaran netizen terhadap tiap individu, meraih performa yang bagus dalam penjualan dan fandom luar negeri, dan cosmic girls (WJSN) member Seongsoo dan Yoo Yeonjung juga meraih spotlight. Sistar juga aktif dalam merilis album solo untuk Hyorin. K-Will sibuk dengan musikal dan konser, Yoo Seung-woo dengan OST drama dan konser. Grup dan proyek baru mereka meraih hasil yang memuaskan.

◈ FNC "Akuisi sukses mesin pertumbuhan masa mendatang di 2016"
FNC tahun ini merupakan 'tahun untuk memperoleh mesin pertumbuhan mendatang'. FNC telah mengeluarkan grup dance pria pertama mereka dalam 10 tahun ini SF9, yang berhasil membawa namanya masuk ke peringkat atas tangga lagu domestik, Jepang dan China. AOA melakukan aktivitas terbaik di Jepang tahun ini, dan member selain Seolhyun meraih kesadaran publik melalui aktivitas individu. Dengan kabar comeback album barunya, mereka menarik perhatian akan prestasi yang telah diraih. Selain itu, FNC juga akan mendirikan perusahaan joint venture dengan China untuk pertama kali sebagai perusahaan K-POP berbasis musik.

◈ Woollim Entertainment "Infinite membuktikan kekuatannya selama 7 tahun"
Infinite membuktikan kekuatannya sebagai idol berusia 7 tahun dalam "The Eye", dan Nam Woo-hyun membuat debut solo pada bulan Mei. Ketujuh member juga terlibat dalam pertunjukan, drama, film, dan musikal. Setelah menyelesaikan triloginya, Lovelyz mengumumkan trilogi baru dengan menunjukkan sisi dewasa melalui album 'Destiny'. Hasilnya, artis Woollim berhasil menunjukkan penampilan yang luar biasa melalui berbagai aktivitas.


◈ Jellyfish "Kekuatan lemah Sung Si Kyung, Seo In-gook, Evolusi VIXX, Debut Gugudan"
Sung Si-kyung kembali setelah konser dan menjadi komposer dan produser untuk comeback title Kyuhyun. Seo In-gook menunjukkan bakatnya dan mengeluarkan single digitalnya "Seasons of the heart" pada bulan Maret, dia juga aktif berpartisipasi sebagai penyanyi sekaligus aktor dalam "Shopping King Louis". VIXX telah membuat proyek skala besar "VIXX 2016 Conception". Ketiga labum menunjukkan evolusi dari konsep dengan cara yang oroginal dan sensual. Partisipasi member dalam album juga menjadi semakin menonjol. Grup wanita pertama jellyfish yang debut tahun ini dengan Kim Se-jung dan Kang Mina diharapkan menjadi mesin pertumbuhan untuk tahun depan. Secara khusus, lagu solo proyek Jelly Box "flower road" menduduki peringkat atas pada tangga lagu dan acara musik menunjukkan lahirnya suara sang Ratu.

◈ Cube "Perubahan di 2016, lebih baru"
Tahun ini merupakan tahun baru dan perubahan bagi Cube. 10 member Boy Group Pentagon yang debut pada bulan Oktober, mengalami pertumbuhan yang pesat hingga comeback pada bulan Desember ini. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa mereka akan menyelenggarakan dua konser, di Korea dan Jepang. HyunA juga berhasil menyelesaikan comeback solo setelah bubarnya 4minute, dan BtoB juga menunjukkan comeback yang sukses dengan lagu dance serta tumbuh menjadi grup yang solid. CLC percaya dengan penambahan Kwon Eun Bin dapat meningkatkan kekuatan dan sinergi tim.

◈Pledis "Kesuksesan menyeluruh, tahun yang sangat berarti"
Seventeen, Uee, Nana, Han Dong Geun dan artis lainnya dicintai oleh publik. Drama Marriage Contract dan Night Light Uee mengukuhkan posisinya sebagai aktor, Nana juga dapat menunjukkan daya tarik baru dengan 'Good Wife'. Seventeen tumbuh dengan stabil menjadi idol populer, dan Nuest populer dengan "Love Paint". Tangga lagu Han Dong Geun juga mengesankan, dan Pledis Girls juga memperoleh perhatian sebelum debut. Tahun ini merupakan tahun yang penuh arti bagi Pledis untuk memiliki mesin pertumbuhan. Pledis akan menunjukkan konten yang akan membuat publik bahagia di masa mendatang.


Komentar Netizen:

1. [+543, -23] Bukannya Cube gagal ya tahun ini... dari 4minute terus B2ST. JYP sebenarnya sudah mengokohkan posisinya sebagai 3 besar agensi dengan Twice sementara Big Hit dan Pledis tumbuh pesat sebagai agensi tingkat menengah tahun ini.

2. [+569, -62] Cube bener-bener gagal tahun ini. Tahun ini miliki JYP, Big Hit, dan Pledis.

3. [+233, -30] SM rata-rata. Di tahun ini aja, JYP punya hasil paling baik.

4. [+140, -15] Mudah-mudahan semuanya melakukan dengan baik di tahun 2017~

5. [+55, -3] lagu title SM tahun ini kurang kesukaan publik yang dimiliki mereka tahun lalu

6. [+80, -17] JYP melakukan yang terbaik, punya lagu hits dengan Wonder Girls dan Twice

7. [+37, -3] SM harus berhenti ngopi lagu mereka sendiri tahun depan, Aku merhatiin kamu Min Hee Jin-ssi

8. [+54, -10] YG mungkin melakukan pekerjaan paling sedikit dari semua agensi tahun ini

9. [+36, -5] JYP yang terbaik, Big Hit bagus, SM dan YG rata-rata

10. [+27, -3] YG gak kayak jadi agensi gede lagi

11. [+23, -2] Cube ㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋ

12. [+43, -9] SM pada dasarnya cuma mempertahankan posisi mereka sendiri tahun ini karena basis fandom mereka sedangkan YG sebagian besar promosi di luar negeri. Tahun ini milik JYP. Mereka membangkitkan kembali Wonder Girls, Baek Ah Yeon dan Baek Yerin menyapu tangga lagu digital swept the digital, Twice menjadi grup top, Got7 akhirnya mendapat lagu hits, Park Jin Young masih tetap dengan 'K-Pop Star'... Aku akan ngasih tahun ini untuk JYP, terus Big Hit, lalu agensi Girlfriend.

13. [+21, -2] JYP kerja paling keras tahun ini dan melakukan dengan baik

Eng Source: Netizenbuzz

-PsychOtaku-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!