[POJOK MUSIK] BtoB Kembali sebagai Pria Baru dalam "I'll Be Your Man"



BtoB kembali dengan "I'll Be Your Man" dari mini album kesembilan mereka, New Men. Meskipun style dari tittle track kali ini berbeda jauh dengan trilogi terbaru mereka yang berupa lagu ballad lembut dan menenangkan, mereka kembali pada asal mereka dengan lagu dance yang intens dan bertempo cepat, yang tidak hanya menunjukkan kemampuan vokal mereka yang terkenal namun juga style musik mereka yang beragam.



Lagu ini dibuka dengan melodi lembut piano dipadukan dengan suara berat Peniel, namun awalan lembut ini seketika menjadi semakin intens ketika instrumental biola mengiringi pengenalan bait pertama, dinyanyikan oleh Changsub. Video musik mengikuti peningkatan emosi, dengan adegan tentara yang berbaris dengan senapan di sebuah kamp militer bersalju dan anggota yang terluka menatap secara intens ke kamera di belakang kawat berduri.

Adegan grup mengenakan jas beludru merah, trend fashion musim gugur terbaru, silih berganti dengan adegan cerita yang terus berkembang, yang bercerita tentang member mempertaruhkan nyawa mereka di pangkalan militer untuk menemukan kekasih mereka dan terus berdo'a agar dia kembali. Terutama, Minhyuk adalah tokoh utama dari video musik, pada awal video ditunjukkan Minhyuk dengan rambut merah memasuki gereja dan berlutut disamping pemeran utama wanita (yang tidak lain adalah Elkie dari sister grup mereka CLC!) untuk berdo'a. Kisah cinta juga terjadi diantara mereka berdua sebagaimana Elkie mengintip dengan malu-malu dari balik kerudung putih berrendanya dan tersenyum pada Minhyuk.

Video musik sebagian besar berlatar sebuah gereja sepertinya berada di dalam kamp militer yang meningkatkan bahaya dan risiko mereka ditangkap oleh tentara lainnya. Motif dari doa reliji juga diperkenalkan melalui rap Bahasa Inggris pembuka oleh Peniel:

"Hey gadis Aku tidak tahu dimana kamu, namun jika kamu dapat mendengar doaku, beri aku satu kesempatan terakhir"

Seiring dengan perpindahan menuju pre-chorus, adegan Sungjae yang sedang bersedih di dalam ruangan yang gelap dan terpencil serta Ilhoon dalam ruang pengakuan dosa, yang menyampaikan lebih lanjut tujuan doa, melambangkan situasi mereka yang putus asa dan memohon adanya harapan. Secara muskal, rap tempo cepat Ilhoon, yang kontras dengan style santai dan lebih hip-hop milik Peniel, dan juga latar belakang melodi synth bernada tinggi, membangun ketegangan menuju chorus.

Hyunsik membuka chorus dengan kalimat titular "I'll be your man", dengan tangan tergenggam seperti pada saat berdoa. Di luar ruangan, kita dapat melihat motif ganda dari api yang berkobar serta lingkungan yang bersalju, mungkin melambangkan konflik yang terjadi ketika mereka mencari kekasih mereka. Meskipun ini jelas merupakan lagu dance, kualitas vokal mereka pastinya tidak hilang karena para vokalis - Eunkwang, Changsub, Sungjae, dan Hyunsik menunjukkan harmonisasi mereka yang luar biasa.

Lirik lagu ini sangat sesuai dengan kejadian dalam video musik dimana mereka secara harfiah merupakan pendoa:

"Oh Tuhan apakah Engkau mendengar tangisanku? aku memohon agar dia kembali setiap malam. berjanji pada-Mu bahwa aku adalah pria yang lebih baik. tak akan membiarkannya pergi tidak tidak lagi"

Doa terus menerus para member dalam rap dan nyanyian tentunya sangat sesuai dengan banyaknya adegan  dalam ruang pengakuan dosa karena mereka mati-matian memohon agar kekasihnya kembali.

Dalam hal sinematografi, sangat menarik untuk memperhatikan penggunaan oposisi biner untuk menggambarkan konflik yang sedang terjadi. Disamping elemen panasnya api dan salju yang dingin, penggunaan adegan berwarna versus adegan hitam-putih juga sangan efektif dalam menyampaikan perjuangan para member. Gambar goyang dan terputus-putus dari Minhyuk yang sedang berlari dalam pangkalan militer untuk mencari okoh utama wanita ditambahkan untuk meningkatkan tekanan, dan juga ekspresi menangis dari Sungjae.

Bridge lagu ini merupakan rehat sejenak dari segala emosi intens tadi, namun tidak kalah memukau secara estetika dimana salah satu adegan menunjukkan Peniel dengan bulan yang mengecil dengan cepat di kejauhan, mungkin melambangkan kehilangan harapan sebagaimana dia berangsur-angsur ditinggalkan dalam kegelapan. Memang, adegan menakjubkan ini menutupi penangkapan Minhyuk sebagaimana dia diikat tanpa baju atasan, dikhianati oleh pemeran utama satu-satunya. Kontras dramatis dalam ekspresi putus asa Minhyuk dengan ekspresi dingin dan cuek ELkie merupakan salah satu tanda dimulainya klimaks, yang berupa rap cepat dengan vokal yang penuh gairah sebagai background, menangkap perasaan sakit dari pengkhiatan dan kehancuran. Sisan lagu menunjukkan eksprei tanpa harapan dari setiap member, ditutup dengan adegan dramatis hitam-putih dari ketujuh member berjalan menuju gereja dengan wajah muram.

Meskipun video musik ini menyenangkan untuk dilihat dan didengarkan, kritik utama seperti dilansir dari seoulbeats adalah kurangnya pengembangan alur cerita - hanya sedikit dan sebagian plot yang ditunjukkan, membuat penonton harus menebak apa yang terjadi. Pembangunan hubungan Minhyuk dan Elkie juga tidak diperlihatkan, dan masih belum jelas mengapa Elkie mengkhianati Minhyuk dan menjualnya untuk kematiannya.

Produksi rilis kali ini juga sangat menakjubkan - faktanya, Hyunsik merupakan pencipta "I'll be your man". Distribusi bagian juga sangat membaik, dengan rapper - Peniel, Ilhoon, dan Minhyuk - mendapat banyak bagian individu. Konstruksi dari rilis kali ini juga berkualitas tinggi - hal ini sangat menenangkan mengetahui bahwa Cube Entertainment akhirnya mau berinvestasi untuk BtoB yang sangat pantas mereka dapatkan.

Secara keseluruhan, "I'll Be Your Man" merupakan rilis yang sangat bagus untuk BtoB, membuktikan bahwa mereka dapat melakukan lagu dance bertempo cepat dengan tetap menjaga kualitas vokal dan rap.

MV Rating: 4.0/5.0

Jadi bagaimana menurut kalian? Kalau aku pribadi sangat suka dengan lagu dan MV BtoB kali ini... Banyak hal yang sependapat dengan Margaret... Kalau kalian lebih suka BtoB dengan lagu ballad atau lagu dance?
-PsychOtaku-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih๐Ÿ˜Š

No SARA!