[REVIEW FILM] Weathering With You (2019)

Weathering With You (2019)

  • Genre: Animasi, Romansa, Fantasi
  • Bahasa: Jepang dengan teks bahasa Indonesia
  • Tanggal Rilis: 21 Agustus 2019 (Indonesia)
  • Durasi: 111 Menit
  • Sutradara: Makoto Shinkai
  • Penulis Naskah: Makoto Shinkai
  • Produser: Kôichirô Itô, Noritaka Kawaguchi, Genki Kawamura

Sinopsis:

Tiga tahun setelah Your Name, Makoto Shinkai kembali dengan film terbarunya, Weathering With You.

Film ini menceritakan Hodoka Marishima, seorang anak muda dari desa terpencil di Shikoku, yang meninggalkan rumah dan memutuskan untuk tinggal di Tokyo. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan Keisuke, seorang pria aneh yang menawarkan bantuan kepadanya. Merasa aneh dengan orang tersebut, Hodoka memutuskan untuk mencoba mencari peruntungan yang lain. Namun dia menghadapi kesulitan yang datang silih berganti dalam perjalannya. Setelah beberapa kali tidur di jalanan karena tidak ada orang lain yang bisa dihubungi, Hodoka memutuskan untuk menghubungi Keisuke.

Hodoka mendapatkan tawaran bekerja sebagai penulis majalah lokal milik Keisuke yang membahas supernatural dan hal hal aneh. Selama di Tokyo, Hodoka selalu diikuti cuaca aneh dimana hujan turun tiada henti. Saat menulis sebuah cerita, dia mendengar kisah pengendalian cuaca. Dia berusaha mencari kebenaran dari legenda urban di mana ada seorang gadis muda yang memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan dan membuat langit menjadi cerah kembali. Pencariannya ini membuatnya bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yang memiliki kekuatan luar biasa yang dapat mengendalikan cuaca.


Daftar Pengisi Suara:

  • Kotaro Daigo sebagai Hodaka Morishima
  • Nana Mori sebagai Hina Amano
  • Yûki Kaji sebagai Takai
  • Shun Oguri sebagai Keisuke Suga
  • Tsubasa Honda sebagai Natsumi
  • Chieko Baisho sebagai Tomi


Trailer:


Sr: Moxienotion


Siapa sih penggemar anime yang tidak kenal Makoto Shinkai? Kwik sebagai penikmat anime sangat menunggu-nunggu film satu ini tayang di Indonesia. Begitu tahu film ini akan tayang di Indonesia, Kwik selalu rajin menunggu tanggal rilisnya. Dan tak disangka Moxienotion yang baik hati kembali mengundang Bebek K-po ke acara screening film yang mereka bawa.

Beberapa kali harus absen dari acara screening film karena kesibukan yang lain, akhirnya Kwik bisa memenuhi undangan screening mereka kali ini... Suasana yang agak berbeda pada screening kali ini karena pesertanya sangat banyak... Dari para media/pers, beberapa penonton yang beruntung mendapatkan tiket gratis, serta beberapa penonton yang memang membayar untuk menjadi penonton pertama film ini.



Memang pamor Makoto Shinkai di dunia per-anime-an membuat banyak para penggemarnya menanti-nanti dan rela meraih gocek lebih untuk dapat menikmatinya terlebih dahulu dibanding yang lain. Ketika memasuki area CGV Grand Indonesia, para penonton disambut dengan standing poster Weathering With You yang langsung ramai dengan para pengunjung yang ingin mengabadikan gambar di situ.

Antrian screening pers/media dan pemenang giveaway
Pukul 18.00 WIB registrasi untuk pers/media dan pemenang giveaway dibuka. Dalam sekejap antrian langsung mengular dan memenuhi ruang tengah CGV malam itu. Setelah registrasi, penonton akan mendapatkan nomor kursi dan poster promosi film Weathering With You.

Pukul 19.00 Penonton sebagian besar sudah memasuki ruangan dan acara mulai dibuka. Audi 2 CGV Grand Indonesia yang sangat besar ini langsung dipenuhi para penonton. Sebelum film ditayangkan, ada pembukaan singkat sebagai pengantar bagi para penonton.


Suasana pembukaan screening dan poster promosi Weathering With You


Review:

Bagi para penikmat anime (animasi Jepang), nama Makoto Shinkai pasti sudah tidak asing lagi. Animator yang dijuluki sebagai Miyazaki baru ini pandai memikat hati para penikmat anime dengan karya-karyanya. Sebut saja 5 Centimeters Per Second serta film terbarunya sebelum ini Your Name (Kimi No Nawa) yang tayang 3 tahun lalu. Your Name telah sukses memikat hati penonton dan berhasil meraih keuntungan ¥ 10 miliar atau Rp 1,1 triliun di Box Office Jepang. Weathering With You sebagai film pertama Makoto Shinkai dalam 3 tahun setelah kesuksesan luar biasa dari Your Name tentunya sangat dinantikan para penonton. Akankah karyanya kali ini mampu menandingi karya sebelumnya?


Makoto Shinkai selalu bisa menyajikan karya yang nampak magical... Karyanya selalu memiliki visual yang apik dengan deretan musik latar yang ciamik serta kisah yang tak kalah menarik. Penonton seakan dibawa menjelajahi dunia fantasi... Demikian juga dengan karyanya kali ini. Sajian pemandangan Tokyo dalam gambar kartun namun tidak mengurangi keindahannya. Sudut pandang yang beragam dan nampak realistis layaknya sedang direkam dengan kamera. Meskipun berupa animasi 2 dimensi, namun setiap adegan digambar dengan sangat detail. Tidak hanya menonjolkan para karakter, gambar latarnya pun digarap dengan sangat apik.


Sepertihalnya karya-karya sebelumnya, film ini juga sarat makna. Meskipun penuh makna, bukan berarti film ini menjadi berat untuk ditonton. Perpaduan unsur humor, kehangatan, kesedihan, dan perjuangan di dalam film ini sangat pas dan mampu membawa penonton ikut terombang-ambing dalam perjalanannya. Iringan musik latar semakin memperkuat beragam emosi yang terjadi dalam adegan-adegan film ini.

Entah kenapa Kwik sangat suka kolaborasi Makoto Shinkai dan Radwimps. Musik-musik radwimps yang indah berpadu dengan sajian visual Makoto Shinkai yang luar biasa membuat adegan-adegan dalam film ini lebih terasa magis dan menyentuh.


Para pengisi suara membawakan masing-masing karakter dengan sangat baik... Kedua karakter utama mampu mengalahkan 2000 peserta lainnya dalam audisi dan memang benar-benar dapat membawakan karakternya dengan baik. Selain itu deretan aktor dan aktris berpegalaman lainnya sebagai karakter pendukung membuat karakter-karakter dalam film ini menjadi 'hidup'. Kwik selalu salut dengan para pengisi suara, karena mereka harus berakting hanya dengan suara namun tetap harus nampak alami dan 'hidup'.

Secara umum karyanya kali ini masih kental dengan ciri khas Makoto Shinkai. Bagi kalian para penggemar anime utamanya penggemar Makoto Shinkai atau penggemar karya-karya studio Ghibli, Kwik sangat merekomendasikan film ini. Bersiaplah untuk tertawa, menangis, dan terpana dengan keindahan visual serta kisah kedua remaja ini.

NB: Bagi pencinta karya-karya Makoto Shinkai, siap-siap dengan beberapa kejutan kecil dalam film ini ya... Apa itu? Kwik gak mau spoiler, nantikan saja ya... hehehe... Kejutan kecil namun menarik... 😉

Original by Bebek K-po
Foto-foto dari dokumentasi pribadi dan Press Kit Moxienotion
-Kwik-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!