[NEWS] Agensi Woo Jin Young Melayangkan Gugatan Kerugian kepada “MIXNINE” + Tanggapan YG Entertainment


Happyface Entertainment telah mengajukan klaim kerugian terhadap YG Entertainment.

Berdasarkan Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada tanggal 26 Juni, agensi tersebut mengajukan gugatan kerugian sebesar 10 juta won untuk program audisi JTBC “MIXNINE.”

Woo Jin Young dari Happyface Entertainment menduduki peringkat pertama di acara tersebut dan dijadwalkan untuk debut bersama grup final. Namun, rencana debut tersebut ternyata dibatalkan.

Dalam komplainnya, Happyface Entertainment menulis, “Periode manajemen eksklusif YG adalah selama empat bulan di kontrak aslinya, namun tiba-tiba diperpanjang menjadi tiga tahun. Ini sangat tidak menguntungkan bagi agensi berukuran kecil hingga menengah termasuk kami.”

Pernyataan tersebut berlanjut, “Tindakan mereka menunjukkan jika kami tidak setuju dengan perubahan tersebut, [proyek ini] akan dibatalkan. Ini kurang lebih merupakan pemaksaan kekuatan dari agensi entertainment besar dengan pengaruh yang kuat.”

Happyface Entertainment juga membagikan pelanggaran kontrak, “YG tidak memenuhi ketentuan [kontrak] tentang menanggung biaya training dan pengeluaran selama Woo Jin Young melakukan syuting program. Kami percaya bahwa dia bisa debut di bawah manajemen YG, dan selama enam bulan ‘MIXNINE’ berlangsung, kami menggunakan biaya sendiri untuk menutupi biaya training, makeup, pakaian, ongkos transportasi dan lainnya yang dibutuhkan Woo Jin Young.”

Pihak agensi juga menambahkan, “Kami juga tidak menerima distribusi keuntungan yang diperoleh dari lagu yang dirilis seperti di dalam kontrak.”

Happyface Entertainment menyajikan kontrak asli di pengadilan sebagai bukti.

Dalam pernyataan resmi setelah laporan tersebut, Happyface Entertainment berbagi terkait 10 juta won, “Tidak hanya untuk kompensasi atas semua kerugian yang kami terima, ini adalah jumlah simbolis yang diajukan dengan harapan bahwa budaya populer Korea, rumah bagi Hallyu, akan berkembang secara sehat tanpa adanya penggunaan kekuasaan yang berlebihan dari perusahaan besar.”

Pihak agensi juga menjelaskan situasi setelah selesainya acara, “Hingga bulan Maret, hampir dua bulan setelah berakhirnya acara, YG Entertainment tidak menyebutkan apapun kepada Happyface Entertainment terkait persiapan ataupun rencana debut. Meskipun mereka tahu kesungguhan para kontestan untuk debut lebih baik dibandingkan orang lain, mereka diabaikan.”

“Setelah itu, YG Entertainment terlambat menghubungi para agensi dari top 9 setelah dibanjiri kritik oleh media dan penggemar. Kemudian bukannya membagikan rencana debut seperti tertulis di kontrak asli, mereka menyajikan perubahan ketentuan kontrak tanpa adanya diskusi dengan agensi lain. Ini untuk memperpanjang periode manajemen eksklusif YG Entertainment dari empat bulan menjadi tiga tahun, yang mana hanya menguntungkan mereka sendiri [YG Entertainment].”

Happyface Entertainment berkomentar bahwa YG Entertainment kemudian menggunakan alasan tidak tercapainya persetujuan para agensi untuk membatalkan debut. “Meskipun mereka memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kontrak aslinya jika kami tidak menerima perubahan tersebut, YG Entertainment secara sepihak memutuskan untuk membatalkan debut.”

Pihak agensi juga menyebutkan pernyataan YG Entertainment saat itu, yang berbunyi, “empat bulan tidak cukup untuk mempersiapkan musik baru, syuting video musik, berlatih koreografi, dan mengadakan konser solo.” Happyface Entertainment mengklarifikasi, “Periode ‘empat bulan’ dipilih sebagai periode promosi setelah tanggal musik dirilis, dan masa persiapan musik adalah periode yang berbeda, tidak termasuk dalam empat bulan tersebut.”

Sebagai tanggapan atas gugatan Happyface Entertainment, YG Entertainment berkomentar, “Kami pikir situasi ini telah berakhir beberapa bulan lalu ketika pengumuman dirilis ke media setelah enam CEO agensi bertemu dan mencapai persetujuan bersama. Oleh karena itu, kami tidak menyangka salah satu agensi menggugat tuntutan kerugian 10 juta won pada saat ini.”

“Namun, karena gugatan resmi telah diajukan, kami akan menanggapinya dengan mendiskusikannya bersama ahli hukum, dan melalui keputusan akhir pengadilan, kami akan berusaha untuk meminimasi semua kesalahpahaman. Terima kasih,” tutup pernyataan tersebut.

Sr: soompi
Trans & rewrite: Bebek K-po
-Kwik-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!