[REVIEW DRAMA] Doctor Detective (2019)

Doctor Detective (2019)

  • Judul: Doctor Detective / 닥터 탐정 / Dakteo Tamjeong
  • Genre: Drama, medical
  • Episode: 32
  • Saluran TV: SBS
  • Periode Tayang: 17 Juli - 05 September 2019
  • Jadwal Tayang: Rabu & Kamis 22:00 KST (2 episode dalam sehari)
  • Perusahaan Produksi: The Story Works
  • Sutradara: Park Joon Woo (박준우)
  • Penulis Naskah: Song Yoon Hee (송윤희)

Sinopsis:

Sebuah tim medis profesional mengungkap kebenaran dibalik kecelakaan industri dan meminta pertanggungjawaban mereka.

Do Joong-Eun (Park Jin-Hee) bekerja sebagai dokter kesehatan industri. Dia bermitra dengan Dokter Heo Min-Ki (Bong Tae-Gyu) untuk mengungkap kebenaran terkait kecelakaan industri, penyakit dan insiden lain yang terjadi di lokasi industri.

Do Joong-Eun mencari kebenaran yang ingin ditutupi oleh TL Group.


Pemeran Utama:

  • Park Jin Hee sebagai Do Joong Eun
  • Bong Tae Kyu sebagai Heo Min Ki
  • Lee Ki Woo sebagai Choi Tae Young

Trailer:



Review:

Selama ini kita mengenal profesi dokter sebagai orang yang mengobati orang sakit di rumah sakit atau klinik, tapi ternyata ada profesi dokter yang lain. Drama ini menceritakan tentang para dokter yang bertugas menjaga kesehatan para pekerja industri. Mereka bisa memeriksa para pekerja yang sakit atau menyelidiki kebenaran di balik terjadinya kecelakaan industri. Mungkin kalau di Indonesia lebih dikenal dengan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) ya.

Dunia kerja selalu penuh dengan tantangan, dari jam kerja yang melelahkan, pekerjaan fisik yang melelahkan atau berhubungan dengan lingkungan atau zat-zat kimia berbahaya. Ada kalanya pekerja terjangkit penyakit atau mengalami kecelakaan karena kondisi lingkungan pekerjaan yang kurang baik. Tim dari UDC bertugas untuk menyelidiki kejadian seperti ini dan mencegah terjadinya korban yang lebih parah.

Kasus-kasus dalam drama ini diangkat dari kisah nyata. Epilog-epilog di akhir beberapa episodenya menceritakan bagaimana sebenarnya kisah nyata yang mereka angkat. Kisah-kisah para korban kecelakaan industri. Epilog-epilog ini sukses membuat Kwik nangis bombay tiap kali nonton... Korea Selatan yang merupakan negara maju ternyata juga tidak luput dari kejadian-kejadian seperti ini.

Satu hal yang Kwik agak malas adalah kisah politik perusahaannya. Sebenarnya latar belakang politik perusahaan ini dibuat untuk melihat dari sisi perusahaan. Drama ini menggambarkan bahwa keserakahan segelintir orang yang berkuasa dapat mencelakai banyak orang tak berdaya. Melalui drama ini, penonton jadi diajak untuk semakin sadar tentang pentingnya K3 dan pengawasan produk yang beredar di pasaran.

Meskipun tema yang diangkat serius, tapi drama ini masih bisa menyajikan selingan humor dalam kisah keseharian para tokohnya. Kwik sarankan kalian menyediakan tisu untuk antisipasi saat menonton epilog drama ini... Ending drama ini antara tuntas dan tidak, tapi sebenarnya mengindikasikan bahwa kecelakaan industri bisa terjadi dimanapun dan kapanpun sehingga tugas tim seperti UDC ini akan terus dibutuhkan.

Drama ini Kwik rekomendasikan bagi kalian yang suka drama investigasi dalam balutan ilmu kedokteran, serta bagi yang tertarik dengan dunia K3 atau kesehatan masyarakat.

Original by Bebek K-po
-Kwik-

2 comments:

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!