[REVIEW DRAMA] Heart Surgeons / Two Lives One Heart (2018)

REVIEW DRAMA Heart Surgeons / Two Lives One Heart


  • Judul Lain: ํ‰๋ถ€์™ธ๊ณผ / Hyungbuoegwa/ Thoracic Surgery / Cardiothoracic Surgery
  • Genre: Drama, Medis
  • Jumlah Episode: 32
  • Stasiun TV: SBS
  • Masa Tayang: 27 Sep- 15 Nov 2018
  • Sutradara: Jo Young-Gwang
  • Penulis: Choi Soo-Jin, Choi Chang-Hwan
     

Sinopsis:

Kisah seorang dokter fellow bedah kardiotoraks mencoba menyelamatkan ibunya yang membutuhkan transplantasi jantung, seorang dokter profesor bedah kardiotoraks yang memegang garis hidup rekannya di tangannya, dan seorang dokter residen kardiotoraks yang memilih karirnya karena kesembuhan ajaib yang ia dapatkan dari ambang kematian. -Hancinema

Pemeran Utama:

  • Go Soo : Park Tae Soo
  • Uhm Ki Joon : Choi Suk Han
  • Seo Ji Hye : Yoon Soo Yun



Review:

Seperti yang biasanya Kwak tulis di review drama dokter-dokteran, drama bergenre medis bukanlah genre favorit Kwak, dan sebisa mungkin Kwak tidak menontonnya. Tapi om Go Soo dan om Uhm Ki Joon membuat Kwak memutuskan untuk nonton drama ini. Dan BAMM, drama ini berhasil mengejutkan Kwak.

Fokus drama ini adalah para dokter bedah jantung dengan timnya (dokter anastesi, perawat medikal bedah, perawat ICU dkk). Drama medis yang satu ini berbeda dengan drama medis Korea pada umumnya yang diselingi romansa atau kisah menyentuh dari pasien atau dokter. Drama ini benar-benar fokus pada bagaimana dokter menyelamatkan pasien dengan tindak medis mereka. Tentunya karena lebih fokus pada medisnya kita akan kehilangan detail kisah dan perasaan setiap dokter maupun pasien lebih dalam yang merupakan ciri khas dari drama medis korea. Tapi jangan khawatir walaupun tanpa romance atau kisah menyentuh, darama ini tidak kehilangan taringnya, malah mempertanjam taring, membuat drama ini menonjol.

Cukup keren bagaimana drama ini menunjukkan proses medis terutama bedah senyata mungkin. Kwak yang orang awam yang jauh dari dunia medis pun merasa drama ini sangat nyata untuk proses medis dan bedahnya. Bagaimana para aktor berperan sebagai dokter dengan detail dan senyata mungkin dalam melakukan tindak medis juga perlu diacungi jempol.

Drama ini dari awal sampai akhir sangat intens atau lebih tepatnya makin lama makin intens. Kita selalu dibuat berdebar serta geregetan di tiap episodenya, dan merasa drama ini cepat berlalu. Awalnya Kwak nggak suka  dengan drama ini karena intens sejak awal, karena biasanya drama yang intens sejak awal semakin lama akan semakin hambar dan membosankan diakhir, tapi ternyata  16 Episode saja terasa kurang!  Ke-intens-an drama ini serta banyaknya proses medis, cukup mengingatkan kwak dengan drama medis di tahun 2000an 'Behind White Tower' yang terkenal banget di masanya.

Drama ini juga menunjukkan bagaimana para dokter mengontrol ego : ego menyelamatkan keluarga, ego menyelamatkan pasien, dan ego menyelamatkan diri sendiri. Ketiga ego ini masih harus bersaing lagi dengan sikap profesionalisme yang tegas sebagai dokter. Aspek ini yang berhasil mempermaikan perasaan kita sebagai penonton, disatu sisi kita dapat memahami tokoh di drama ini, namun dilain sisi tidak.

Kwak mau membuat pengakuan, Kwak sebenarnya nggak begitu suka karakter di dalam drama ini. Terutama Park Tae Soo, Park Taesoo yang terlalu menggebu-gebu dan nekat cukup bikin geregetan. Passion nya sebagai dokter bagus sih, tapi kenekatannya terkadang ngawur. Dan satu pengakuan lagi, penggambaran dokter lain yang bukan di sekitar tim bedah jantung agak menyedihkan di drama ini. Kwak kasian bagaimana penulis menggambarkan mereka, seolah hanya tim bedah jantung yang terbaik.

Kwaka puas dengan  hampir semua sisi di drama ini, hanya ada beberapa hal kecil yang membuat Kwak bertanya-tanya yang membuat Kwak nggak fokus menonton drama ini.


Drama ini kurang cocok untuk kalian yang nggak suka drama dengan ketegangan jangka panjang atau kalian yang hobi banget nonton drama dipercepat, karena banyak banget adegan bedah/operasi dan berlangsung cukup panjang dan bikin deg-degan, kalau kalian percepat adegan ini kalian akan kehilangan momen dan poin penting dari drama ini.

Drama ini wajib banget ditonton oleh pecinta drama medis, dijamin drama ini nggak akan mengecewakan kalian.

Kesimpulan dari Kwak setelah menonton Heart Surgeon, jangan menilai drama hanya dari kesan pertama. Dan drama dari genre yang tidak kalian suka terkadang bisa memukau kalian!

Original By Bebek K-Po
-Kwak-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih๐Ÿ˜Š

No SARA!