[NEWS] Alasan Lee Jong Suk Sempat Tertahan di Bandara di Jakarta Menurut Pihak Imigrasi, Penyelenggara+ Pernyataan Agensi Akan Menuntut




Dikutip dari Kompas.com 6 November, Aktor Korea Selatan, Lee Jong Suk, dideportasi pemerintah Indonesia ke negara asalnya pada 5 November, sekitar pukul 21.00 WIB. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teodorus Simarmata. "Malam ini dideportasi (5 November). Sekitar jam sembilan malam ini dengan Korean Air," kata Teodorus kepada Kompas.com via telepon.

Ia menjelaskan, Lee Jong Suk dianggap telah melakukan pelanggaran perizinan keimigrasian karena menggunakan visa on arrival. Padahal, Jong Suk bertandang ke Indonesia untuk melakukan temu penggemar.  Sehingga menurut Teodorus, Jong Suk seharusnya memakai visa izin bekerja. "Jadi yang bersangkutan masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa on arrival. Tapi melakukan kegiatan show bussiness, fan meeting di Kokas," kata Teodorus. "Jadi, oleh imigrasi Jakarta Selatan diperiksa dan dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran perizinan keimigrasian dan dideportasi malam ini," tambahnya. Ia menambahkan, Jong Suk tak sendirian. Pemain drama seri Pinocchio itu dideportasi bersama 12 orang lainnya.

Pernyataan ini memang sedikit berbeda dengan pernyataan agensi sebelumnya ke media Korea yang berkata ada masalah tentang pajak.

[NEWS] Alasan Lee Jong Suk Sempat Tertahan di Bandara di Jakarta Menurut Agensi

Review drama Korea, Review film Korea terbaru, dan rekomedasi Variety Show Korea terbagus. serta berita terbaru idol Kpop, Kdrama, KVarshow.

Namun pada hari ini 6 November agensi sang aktor, A-man Project telah mengeluarkan pernyataan resmi tentang penjelasan, permintaan maaf dan rasa frustrasi mereka, berjanji untuk mengambil tindakan hukum terhadap penyelenggara acara.

A-man Project menyatakan ,

    "Kembalinya aktor kami Lee Jong Suk dari fan meeting di Indonesia ditunda karena event organizer Indonesia. Kegagalan Yes 24 untuk menyelesaikan masalah bisnis, dan itu menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Ini adalah pertama kalinya kami mengalami situasi seperti ini, jadi kami juga sangat bingung. Aktor kami juga khawatir, bukan karena kepentingannya sendiri tetapi menyebabkan masalah bagi staf syuting drama dan rekan kerja lainnya, dalam hal penundaan itu memiliki efek negatif pada jadwal syuting drama. Terima kasih atas bantuan kedutaan Indonesia, Lee Jong Suk dapat naik pesawat dengan selamat, dan dia sekarang dalam perjalanan kembali.

    Kami saat ini terus menyelidiki penyebab insiden ini, tetap ipenjelasan Ya 24 dan  perusahaan [penyelenggara] acara terus berubah. Pada awalnya, kami diberi tahu bahwa direktur Yes 24 yang memiliki paspor kru kami tidak dapat dihubungi. Setelah beberapa jam, kami diberi tahu bahwa seorang direktur yang bertanggung jawab atas cabang Indonesia dari Yes 24 ditahan karena gagal membayar pajak, sehingga miliknya termasuk paspor kru kami disita. Setelah beberapa jam, perusahaan acara menyatakan bahwa Yes 24 gagal mengajukan permohonan izin kerja sementara, yang menyebabkan masalah visa. Setiap penjelasan yang diikuti satu demi satu membingungkan kami, dan kami tidak tahu penjelasan apa yang akan mereka berikan kepada kami selanjutnya.


    Kami berencana untuk mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap perusahaan dan penyelenggara acara terkait insiden ini, dan setiap tanggapan atas situasi ini mulai dari sekarang akan melalui perwakilan hukum kami. Kami dan aktor kami hanya ingin mengingat cinta dan dukungan yang melimpah yang ditunjukkan oleh fans Indonesia selama kunjungan Lee Jong Suk. Kami ingin meminta maaf kepada produser dan staf drama aktor kami, serta kepada publik, karena menimbulkan kekhawatiran, dan kami akan membalas kasih sayang dan perhatian Anda dengan promosi yang lebih tulus di masa depan. "


Sebelumnya, Lee Jong Suk mengungkapkan kekecewaan terkait insiden di atas melalui Instagram pribadinya, tetapi posting itu kemudian dihapus. Sementara itu, Lee Jong Suk baru-baru ini berperan dalam drama ' Romance Supplement' drama mendatang.


Duh semoga kejadian ini tak terulang lagi Indonesia ya guys!



sr: Kompas, Allkpop
Trans & Rewrite: Bebek K-Po
-kwak-

UPDATE 08/11

Yes24 Ent. Indonesia yang bertanggung jawab atas digelarnya fan meeting Lee Jong Suk di Jakarta, itu akhirnya buka suara.

Melalui siaran pers Rabu (7/11/2018), Yes24 Ent. Indonesia menyampaikan permohonan maafnya atas kejadian tersebut kepada Lee Jong Suk, staffnya, serta para penggemar.

"Adanya peristiwa ini, Yes24 Ent. Indonesia selaku penyelenggara acara, dengan segenap hati memohon maaf kepada aktor Lee Jong Suk termasuk staff dan manajemennya, pihak-pihak yang terkait, serta terutama kepada para penggemar yang menjadi khawatir dan marah atas terjadinya hal ini. Kami memahami dan ingin meminta maaf dengan tulus," tulis Yes24 Ent. Indonesia dalam siaran persnya.

Mereka menyatakan, insiden dideportasinya Lee Jong Suk karena masalah visa yang disebabkan pihaknya ditipu oleh pihak ketiga.

Pihak Yes24 Ent. Indonesia menemukan penipuan berdasarkan hasil pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya penipuan yang telah dilakukan oleh pihak ketiga kepada Yes24 Ent. Indonesia selaku penyelenggara acara ini. Penipuan ini berupa pengurusan visa yang dilakukan oleh visa konsultan yang ditunjuk oleh Yes24 Ent. Indonesia dimana penggunaan visa konsultan oleh penyelenggara acara pada satu acara adalah hal yang lumrah dilakukan."

"Hal ini juga untuk mengklarifikasi isu penyalahgunaan pajak yang berkembang, adalah tidak benar. Yang terjadi adalah penipuan visa konsultan kepada Yes24 Ent. Indonesia," sambungnya.

Yes24 Ent. Indonesia pun menceritakan kronologi terjadinya masalah tersebut.

"Yes24 Ent. Indonesia telah melakukan kewajiban terkait pengurusan visa beberapa bulan sebelum acara berlangsung, dan mendekati hari acara mendapatkan laporan bahwa terjadi masalah internal pada pengurusan visa tersebut yang dapat mengakibatkan acara tidak dapat dilaksanakan, namun kemudian dilaporkan oleh visa konsultan kepada Yes24 Ent. Indonesia bahwa masalah tersebut telah terselesaikan dan percaya pada informasi tersebut sehingga acara tetap dilaksanakan sesuai rencana."

"Pada saat aktor Lee Jong Suk dan staff rombongan telah tiba di Jakarta, Yes24 Ent. Indonesia akhirnya baru mengetahui bahwa visa yang diproses oleh visa konsultan adalah visa turis bukan visa bekerja pada waktu tertentu, sehingga kemudian segera memperbaiki kesalahan ini melalui proses yang ada. Namun, pada saat itu, acara tetap diselenggarakan."

"Setelah acara selesai, Yes24 Ent. Indonesia melalui petugas imigrasi setempat mendapat laporan akan masalah yang timbul dari isu ini dan berusaha memperbaikinya tanpa membagikan informasi ini dengan tepat kepada aktor Lee Jong Suk dan staff rombongan dengan harapan isu ini dapat segera diselesaikan. Kami ingin meminta maaf dikarenakan proses menyelesaikan isu ini, terjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan untuk aktor Lee Jong Suk dan staff rombongan."

Pasca kejadian, Yes24 Ent. Indonesia mengaku tetap bertanggung jawab sampai aktor Lee Jong Suk beserta staff rombongan kembali dengan selamat ke Korea Selatan.

Dengan bantuan dari pihak imigrasi setempat aktor Lee Jong Suk beserta staff rombongan telah kembali dengan penerbangan Senin, 5 November 2018.

Yes24 Korea sebagai kantor pusat Yes24 juga mengatakan telah secara langsung mendatangi agensi aktor Lee Jong Suk dan tim untuk menyampaikan permintaan maaf dan berencana untuk diskusi lebih lanjut terkait kompensasi dari kejadian tersebut.

"Untuk saat ini Yes24 Ent. Indonesia sedang dalam pembicaraan langkah apa yang akan dilakukan atas kerugian moril dan materil yang disebabkan adanya penipuan oleh pihak ketiga tersebut serta mengakui kelalaian percaya pada informasi yang diberikan oleh visa konsultan tersebut, dan berfokus pada permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada aktor Jong Suk termasuk staff dan manajemennya terutama kepada para penggemar, dimana kejadian ini menjadi pelajaran yang sangat berharga dan teguran keras bagi kami untuk bekerja dengan lebih baik lagi kedepannya," pungkas Yes24 Ent. Indonesia.

sr: GridID
Trans & Rewrite: Bebek K-Po
-kwak-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih๐Ÿ˜Š

No SARA!