[REVIEW DRAMA] Life (2018)



REVIEW DRAMA Life

  • Judul Korea: 라이프 / Raipeu
  • Genre: Drama, medikal
  • Episode: 16
  • Stasiun TV: JTBC
  • Masa Tayang: 23 Juli - 11September 2018
  • Sutradara: Hong Jong Chan, Im Hyun Wook
  • Penulis: Lee Soo Yun


  • Pemeran Utama

Lee Dong Wook : Ye Jin Woo
Cho Seung Woo : Goo Seung Hyo
Won Jin Ah : Lee Noh Eul
  • Pemeran lainnya

Rumah Sakit Universitas Sang Gook
Chun Ho Jin : Lee Bo Hoon
Moon Sung Geun : Kim Tae Sang
Yoo Jae Myung : Joo Kyung Moon
Moon So Ri : Oh Se Hwa
Kim Won Hae : Lee Dong Soo
Orang Disekitar Ye Jin Woo
Lee Kyu Hyung : Ye Sun Woo
Choi Yoo Hwa : Choi Seo Hyun
Orang Disekitar Goo Seung Hyo
Yum Hye Ran : Kang Kyung Ah
Lee Hyun Kyoon  : secretary
Jung Moon Sung : Jo Nam Hyung



Sinopsis :

Drama ini menunjukkan bagaimana rumah sakit dapat terus berkembang sebagai tempat untuk penyalahgunaan kekuasaan. Di sini adalah tempat dimana ada kepentingan dan ego  masing -masing saling bertentangan. Para dokter memiliki kemampuan untuk menyelamatkan nyawa , tetapi Perusahaan dan dewan memiliki kemampuan untuk membunuh dokter. Di sebuah bangunan yang konon didedikasikan untuk kesehatan masyarakat, terdapat kehidupan yang sengit dan keras.

Ye Jin Woo dokter unit gawat darurat Rumah sakit universitas Sangkook dikejutkan akan kepergian mendadak direktur rumah sakit yang juga merupakan panutannya. Walaupun selalu ada gejolak di rumah sakit, setelah kepergian direktur Lee dan kehadiran Presiden Gu, para dokter dan petugas medis lainnya, terutama dokter Ye baru menyadari betapa beratnya lingkungan rumah sakit antara fokus mendapatkan profit atau menyelamatkan nyawa orang. Dokter Ye yang dahulunya hanya diam kini pun mengambil bagian, ini semua juga karena rasa penasarannya atas kepergian direktur Lee yang ia percayai bukan sekedar kecelakaan biasa.



Di awal ia bekerja sebagai presiden rumah sakit SangKook, Goo Seung Hyo mendapatkan kabar bahwa direktur rumah sakit meninggal. Walaupun keadaan itu, presiden Goo tetap dengan keras berusaha  melakukan reformasi rumah sakit yang sudah ia rencakan. Presiden Goo adalah satu-satunya presiden dari anak bisnis Hwajung Grup yang bukan lah berasal dari keluarga chaebol itu. Menurut sisi pebisnisnya beberapa departemen di rumah sakit Sangkook berada dalam kondisi yang merugikan dan harus dipotong.

Disinilah muncul perang sengit antara para dokter dengan presiden Gu. Presiden Gu berusaha memotong pelayanan yang merugikan & menerapkan sistem bisnis yang menguntungkan serta money oriented, sedangkan para dokter ingin menggulingkan presiden Guu yang dianggap terlalu ikut campur dan semena-mena  dalam sistem pengobatan di rumah sakit tanpa tahu betapa beratnya pekerjaan staf medis. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah mereka mampu menggulingkan presiden Gu? dan sekalipun mampu menggulingkannya apakah tidak akan muncul presiden Goo lainnya yang lebih buruk?

Review Drama:

Seperti sinopsis di atas drama ini berlatar belakang rumah sakit dan berfokus pada politik pengelolaan bisnis di rumah sakit. Drama dibuka dengan suasana yang cukup suram dan gelap, setiap adegan dan dialog di setiap episode pun cukup dalam dan intens. Drama ini memang bukanlah drama pertama yang membahas ataupun berfokus pada unsur politik di rumah sakit. Tapi drama ini merupakan salah satu yang terbaik yang mampu menggambarkan dua sudut pandang yang berbeda antara dokter dengan pengusaha dalam mengelola rumah sakit dengan sangat jelas.


Dari pada hitam dan putih drama ini lebih menunjukkan sisi abu-abu. Sisi yang menunjukkan bahwa yang membedakan dokter dan pebisnis adalah sudut pandang yang berbeda dan tentunya dengan gol /tujuan yang berbeda, sesuatu yang sulit dimengerti tetapi juga mudah kita sadari disaat yang sama. Sisi abu-abu lainnya adalah pada akhirnya siapa pun profesi mereka, mereka memiliki ambisi dan ego masing-masing, serta keinginan bertahan hidup, tapi perlu diingat ini tidak melulu negatif karena drama ini menunjukkan dibalik ambisi dan ego, setiap tokoh sebenarnya  'pernah dan dapat' bersikap baik. Dari pada sekedar menunjukkan mana yang benar dan salah, drama ini lebih menunjukkan segala keputusan dapat diambil seseorang itu karena sudut pandang mereka, tentunya sudut pandang setiap orang tidak lah pernah sama.
POSTER DRAMA Life


Untuk meringankan drama yang berat ini penulis menyelingi dengan kisah 'Ye brothers' dan sedikit romance di antara tokoh utama. Memang bumbi romance di drama ini cukup cute, tapi sangat disayangkan jika kita penonton lebih fokus ke kisah asmara di drama ini dibandingkan sengitnya pertarungan antara dokter vs perusahaan pengelola & dokter vs dokter.

Kalau berbicara dari segi akting,Akting para aktor tidak perlu dipertanyakan lagi di drama ini. Semuanya mendalami dan mengeksekusi peran dengan sangat baik. Tidak hanya itu seluruh karakter di drama ini digambarkan dengan sempurna dan seimbang oleh penulis. Sehingga para aktor dapat membuat karakter mereka masing-masing bersinar tanpa saling menutupi satu sama lain.

Kalau berbicara tentang kelemahan, salah satunya adalah jujur 16 episode itu kurang banyak. masih banyak yang bisa didalami dan dibuat lebih detail tentang rumitnya hubungan dokter dan perusahaan pengelola dalam menjalan kan rumah sakit ini, sedikit kelemahan lainnya, karena drama ini benar-benar berfokus pada sengitnya politik  dan pengelolaan di rumah sakit, adegan medis yang penuh detail yang merupakan faktor utama dalam drama bergenre medikal, hampir tidak terlihat di drama ini.

Untuk ending yang menggantung, kwak pribadi cukup puas untuk membuat ending yang terbuka dari pada sekedar 'Happy ending',toh apapun profesi kita dan tempat kita bekerja, konflik  merupakan bagian dari pekerjaan kita, semuanya hanya tergantung dari bagaimana kita merespon.

Sayangnya walaupun bergenre medikal, drama ini kurang cocok untuk kalian yang mencintai drama medikal karena serunya penanganan medis,tapi untuk pecinta drama medikal dengan bumbu politik akan pas sekali. Untuk pecinta drama heartwarming ataupun romance drama ini pun kurang direkomendasikan. Drama ini cocok untuk kalian yang suka drama serius dan dalam, karena drama ini tidak hanya sekedar menunjukkan kisah yang memiliki kehangatan tetapi juga yang dingin dan angkuh.



Original By Bebek K-Po
-kwak-





0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!