[POJOK IDOL] Cerita dibalik 'Kutukan 7 Tahun' yang menghantui Industri K-Pop

Beberapa tahun ini, istilah "7 tahun debut" telah bergulir di dunia perindustrian k-pop. Istilah yang merujuk apakah sebuah grup dapat mempertahankan kontrak tujuh tahun mereka tanpa adanya perombakan atau bahkan bubar. Sayangnya, walaupun beberapa ada yang berhasil tetapi  banyak juga yang tidak dapat bertahan selama tujuh tahun itu. Mitos dan Kutukan ini biasa disebut " Kutukan 7 tahun"


Tahun lalu, beberapa grup mengalami "Kutukan 7Tahun". Mulai dari grup yang debut di tahun 2009 yaitu 2NE1, 4 Minute,dan Rainbow yang memutuskan untuk bubar, hingga B2ST, Miss A, dan Secret yang ditinggal membernya.


Berdasarkan Standar kontrak yang dikeluarkan oleh 'Fair Trade Commision', kontrak perjanjian terpanjang yang dapat dimiliki artis dengan sebuah agensi adalah 7 tahun. Perlahan, peraturan ini menjadi acuan  Grup Entertaiment sebagai protokol yang diikuti.



Dengan acuan diatas dan karena ini masih awal tahun, mari kita lihat beberapa idol yang akan menginjak usia 7 tahun sejak debut mereka, Sebelumnya telah diumumkan bahwa kontrak ZE:A dengan Star Empire akan berakhir bulan ini. Beberapa grup yang akan mengalami hal yang sama adalah : CNBLUE, SISTAR, INFINITE, Girl's Day, TEEN TOP dan Nine Muses, kami mencari informasi tentang grup-grup ini mulai dari rencana promosi hingga detil pembaruan kontrak.


Pembaruan kontrak dengan cuaca 'Cerah' : CNBLUE, Nine Muses, dan Girl's Day. Nampaknya CNBLUE tidak mengalami situasi yang bahaya dalam krisis tujuh tahun ini. Debut pada tahun 2010, grup band ini telah memperbarui kontrak mereka dengan FNC pada tahun 2014 lalu. Tahun lalu, mereka telah  merilis mini album ke - 6 bertajuk "BLUEMING", di lain sisi ke empat member juga sukses bertransisi menjadi idol yang juga adalah aktor.


Nine Muses Nampaknya berada pada sudut pandang yang agak liberal dibanding artis lainya. Debut pada bulan Agustus 2010, tim ini telah mendekati tahun ke-7 nya. Tetapi dalam jangka waktu tujuh tahun ini, telah terjadi banyak perubahan member dalam tim ini, dengan Hyemi sebagai satu-satunya member asli, Nine Muses merubah member nya sebanyak sembilan kali, tahun lalu, Euaerun, Hyuna, dan Minha telah lulus dari grup ini.

Girl's Day juga dalam kondisi yang menguntungkan. Debut di Juli 2010, ini benar pembaruan kontrak mereka akan dilakukan tahun ini. Meskipun begitu, mereka telah memperbarui kontrak mereka dengan Dream Entertainment hingga 2019. Cewek-cewek ini nampak akan lebih solid.

Pembaruan Kontrak dengan cuaca 'Tidak dapat diprediksi':
SISTAR, INFINTE, dan TEEN TOP. Ini sudah tujuh tahun sejak SISTAR debut. Merilis album pertama mereka 'Push,Push' di Juni 2010, SISTAR terus berada di atas tangga lagu dengan lagu-lagu hit mereka. Grup ini telah merencanakan untuk merilis album baru mereka di paruh kedua tahun ini.

INFINITE juga sedang menanti pembaruan kontrak mereka tahun ini. Menurut Woolim Entertainment. Grup yang debut pada Juni 2010, memiliki waktu 5 bulan tersisa sebelum akhir kontrak mereka, Meskipun belum ada tindakan resmi yang diambil, masing-masing member nampaknya sedang fokus dengan aktivitas individu mereka, pada kuartal kedua.

Yang terakhir, TEEN TOP juga sudah mencapai periode 7 Tahun. Grup ini debut pada Juli 2010 dengan 'Clap'. mereka masih memiliki waktu enam bulan untuk memnutuskan. Sementara itu, NIEL sedang sibuk dengan aktivitas solonya. Dalam Show Case nya Niel sempat mengutarakan masih memungkinan jika TEENTOP memperbarui kontrak dengan agensi mereka.

Apa pandangan tentang kontrak 7 tahun? dan kenapa harus angka 7? silahkan tuliskan di kolom komentar :)

Source : Allkpop
Rewrite : bebekpop
-rndmpnd-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!