[REVIEW DRAMA] A Poem A Day / You Who Forgot Poetry (2018)

cr: Asianwiki

  • Judul: A Poem A Day / You Who Forgot Poetry / 시를 잊은 그대에게 / Sireul Ijeun Geudaeege
  • Genre: Medical
  • Episode: 16
  • Sutradara: Han Sang-Jae
  • Penulis Naskah Myung Soo-Hyun, Baek Sun-Woo, Choi Bo-Rim
  • Saluran Tayang: tvN

Sinopsis:

Kisah tentang sekelompok terapis fisik, perawat, teknisi radiologi dan para trainee.

Ye Jae-Wook bekerja sebagai terapis fisik dan juga mengajar di bidang yang sama. Dia mulai bekerja sebagai pimpinan tim di sebuah rumah sakit.

Woo Bo-Young telah bekerja sebagai terapis fisik selama 3 tahun. Dia awalnya ingin menjadi penulis puisi, anmun karena latar belakang keluarganya yang miskin dia belajar untuk menjadi terapis fisik.

Shin Min-Ho adalah seorang trainee, namun dia tidak tertarik dengan terapi fisik. Nilainya tidak cukup bagus untuk masuk ke sekolah kedokteran dan orang tuanya, yang mana keduanya adalah dokter, membuatnya belajar terapi fisik.

Pemeran Utama:
  • Lee Yoo Bi sebagai Woo Bo Young/ Lee Yoo Bi (ep. 8)
  • Lee Joon Hyuk sebagai Ye Je Wook
  • Jang Dong Yoon sebagai Shin Min Ho
(sumber: Asianwiki, Dramawiki)

Review:

"There is nothing special in poems, It only contains our lives which remains. And our lives which remain, are encountered by us all the time. In a way that is the least but spectacular. You may not wanted to believe it, but it is in no way spectacular."
"Poets, write poems about our lives that are in no way spectacular." Jung Jae Chan - Listening to You

Judul dari drama ini memang membuat orang bertanya-tanya apa hubungannya puisi dan dunia medis? Judulnya tentang puisi tapi setting cerita berada di lingkungan rumah sakit. Setelah membaca sinopsisnya, Kwik kira drama ini akan bertema romance serius seperti Temperature of Love, tapi ternyata Kwik salah... Drama ini penuh dengan adegan komedi yang lumayan mengocok perut penonton. Ada-ada saja tingkah laku karakter dalam drama ini yang simple tapi sukses membuat kita tertawa akan keanehannya.

Tapi drama ini tidak full komedi ya.. Di balik keceriaan dan kekonyolan setiap karakter, masing-masing punya masalahnya sendiri dan melalui hari demi hari yang selalu berbeda satu sama lain. Kadang bahagia, kadang sedih. Dan hampir di setiap momen penting akan ada narasi tentang puisi yang berkaitan dengan momen tersebut. Selipan narasi puisi di dalamnya itulah yang membuat penonton bisa semakin menjiwai dan turut merasakan bagaimana sebenarnya isi hati sang karakter.

Percintaan, persahabatan, keluarga, perjuangan hidup, drama ini cukup komplit. Kadang beberapa cerita terasa begitu familiar dan Kwik merasa senasib dengan sang karakter. Drama ini terkadang terasa begitu realistis, terkadang terasa dibuat-buat juga. Tapi porsinya pas menurut Kwik.

Sebagian besar drama medis berpusat pada profesi dokter dan perawat, namun berbeda dengan drama ini. Sebagian besar karakter merupakan karyawan rumah sakit yang bukan dokter, tapi terapis fisik, teknisi radiologi, MRI, CT, dan lainnya yang jarang diperlihatkan secara detail dalam drama medis pada umumnya.

Kwik suka dengan akting para aktor dan aktris dalam drama ini, terutama yang menarik perhatian adalah si Defconn yang mulai 'debut' jadi aktor berperan sebagai teknisi radiologi yang sangat tidak tegas..!!! hahaha.. Karakternya bikin Kwik frustasi, tapi kadang kasihan... Eh agak spoiler, ups... Kalau penasaran tonton sendiri aja ya.. Hehe...

Chemistry ketiga tokoh utama bisa dibilang bagus, dengan Lee Yoo Bi berada di pusat cerita. Namun sebenarnya Kwik sempat agak kecewa, karena pasangan yang Kwik suka bukanlah pasangan yang berakhir bahagia di drama ini... Yak kumat deh second lead syndrom-nya. Tapi setelah mengikuti cerita di tiap episode hingga akhir, Kwik akhirnya bisa menerima keputusan penulis... hahhaa...

Karakter dalam drama ini cukup banyak, namun Kwik suka cara penulis menceritakan masing-masing karakter dengan cukup detail, baik karakter utama maupun karakter sampingan lainnya. Dan setiap adegan seringkali diperlihatkan dari sisi masing-masing karakter yang berbeda satu sama lain. Kwik salut deh dengan para penulisnya.

Kesimpulannya Kwik rekomendasikan drama ini untuk kalian yang suka drama slice of life dan romance ringan ataupun untuk kalian yang penasaran ada apa aja sih di rumah sakit selain dokter dan perawat. Drama ini secara pribadi Kwik beri nilai 8/10.

-Kwik-

1 comments:

  1. Hai. Gegara WFH,gue jadi nonton drakor. Ini lagi marathon A Poem A Day. Gue #TimMinHo mungkin karena telanjur suka sama Jang Dong Yoon jadi Nokdu. Rada bosen juga nonton APAD. Apalagi menurut gue ga ada chemistry antara Tn.Ye dan Bo Young. Makasih reviewnya. Abis ini mau nonton apalagi ya?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!