[REVIEW DRAMA] Suits (Korea)


  • Judul: Suits / ์Šˆ์ธ  / Shootseu
  • Genre: Drama, Legal
  • Sutradara: Kim Jin-Woo
  • Penulis Naskah: Kim Jung-Min
  • Saluran TV: KBS2
  • Episode: 16
  • Tanggal Rilis: 25 April - 14 Juni 2018

Sinopsis:

Choi Kang-Seok (Jang Dong-Gun) adalah pengacara terhebat di Firma Hukum bergengsi Kang & Ham. Dia dipromosikan menjadi Senior Partner.

Go Yeon-Woo (Park Hyung-Sik) memiliki ingatan fotografis dan kemampuan pemahaman yang luar biasa. Dia bermimpi menjadi seorang pengacara, namun karena latar belakang keluarganya yang miskin dia saat ini bekerja sebagai petugas valet parking. Untuk membayar biaya rumah sakit neneknya, dia menerima pekerjaan mengantar obat terlarang ke sebuah kamar hotel. Sementara di depan hotel, Go Yeon-Woo menyadari bahwa pekerjaan ini akan menjadi jebakan baginya. Go Yeon-Woo kemudian dikejar polisi, namun dia tiba di kantor sekretaris pengacara Choi Kang-Seok. Pada saat itu, sekelompok orang sedang menunggu panggilan interview dengan Choi Kang-Seok. Dia akan memilih pengacara baru untuk firma hukumnya setelah mengadakan interview. Go Yeon-Woo kemudian masuk ke dalam ruangan Choi Kang-Seok. Choi Kang-Seok merasa bahwa Go Yeon-Woo bukanlah peserta yang mereka panggil untuk interview, namun dia kagum akan kepandaian dan ingatan Go Yeon-Woo. Choi Kang-Seok memutuskan untuk mempekerjakan Go Yeon-Woo sebagai pengacara baru meskipun dia tidak memiliki izin untuk praktek hukum. Keputusan Choi Kang-Seok bahkan dapat membuat karirnya sendiri bahaya.

Pemeran Utama:
  • Jang Dong Gun sebagai Choi Kyung Suk
  • Park Hyung Shik sebagai Go Yun Woo
    • Jung Yoo Geun sebagai Yun Woo Kecil
  • Jin Hee Kyung sebagai Kang Ha Yun
  • Chae Jung Ahn sebagai Hong Da Ham
  • Go Sung Hee sebagai Kim Ji Na
  • Choi Gwi Hwa sebagai Chae Geun Shik


Review:

Suits, drama adaptasi dari serial barat dengan judul yang sama ini menghadirkan warna baru di dunia drama Korea. Memang drama Korea bertema hukum dan menyajikan tokoh utama seorang pengacara sudah sangat sering kita jumpai, namun selama ini seringkali tema pengacara dikaitkan dengan tema kriminal dan lebih banyak membahas penyelesaian kasus kriminal yang terjadi. Kali ini setting cerita lebih fokus dalam sebuah firma hukum. Selain mengisahkan strategi dan penyelesaian kasus yang ditangani para pengacara dalam firma tersebut, drama ini juga mengisahkan permasalahan internal yang terjadi di dalam firma. Dan seperti layaknya drama Korea pada umumnya, selipan kisah romansa dan kisah hubungan keluarga dapat kita temui dalam drama ini. Hanya saja tidak ada alur kisah cinta segi banyak layaknya drama romantis.

Kemampuan akting para pemeran sudah sering kita lihat di karya lainnya dan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Park Hyung Sik yang bisa dibilang masih baru di dunia akting dibandingkan para pemeran utama lainnya menunjukkan kemampuan akting yang bagus. Chemistry para pemain dalam drama ini bagus banget, duo tokoh utama Jang Dong Gun dan Park Hyung Sik, maupun Jang Dong Gun dengan Sekretaris Hong (Chae Jung Ahn). Interaksi persaingan pengacara Choi dan pengacara Chae (Choi Gwi Hwa) yang seringkali mengocok perut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

Tapi sayangnya, Kwik merasa masih banyak yang bisa di-eksplor lebih banyak. Misalnya karakter mantan jaksa, para pengacara lain di lingkungan firma Kang & Ham selain para tokoh utama seperti para pengacara baru yang merasa tersaingi dengan kehadiran Go Yeon Woo. Selain itu, di beberapa episode pertengahan Kwik agak dibuat frustasi dengan tokoh Go Yeon Woo. Di episode awal, dia digambarkan sebagai seorang yang jenius dan Kwik berekspektasi tinggi bahwa kehadirannya di Kang & Ham akan menjadi pengacara yang brilliant, namun ternyata tidak selalu demikian. Bisa jadi penulis ingin menyajikan unsur manusiawi dalam diri karakter Go Yeon Woo dan kesan nyata masih terasa (yeah, nobody is perfect). Untuk pembahasan kasus yang ditangani, Kwik rasa cukup unik karena biasanya pengacara sering diidentikkan dengan kasus pidana dalam drama Korea, namun kali ini sering kali kasus yang ditangani adalah kasus perdata dan bahkan motto dari pengacara Choi adalah sebisa mungkin tidak membawa perkara ke pengadilan. Di situlah Kwik merasa drama ini unik.

Kwik gak ngikutin serial aslinya sih, tapi karena penasaran Kwik akhirnya menonton episode pertamanya untuk mengetahui masing-masing karakter di serial aslinya. Dan memang pemilihan karakter dalam drama ini Kwik rasa sesuai dengan karakter di serial aslinya. Tapi untuk kisah secara keseluruhan Kwik tida bisa membandingkan kedua drama ini karena Kwik belum menyelesaikan serial aslinya.

Kesimpulannya, Kwik suka drama ini karena menyajikan nuansa baru dalam drama tentang pengacara, meskipun di pertengahan menuju akhir drama Kwik merasa terlalu banyak porsi politisnya. Kwik rekomendasikan drama ini buat kalian yang suka drama tentang pengacara / legal namun tidak terlalu suka dengan kesan serius dan tema kejahatan yang seringkali menyertainya. Drama ini Kwik rasa adalah drama tentang pengacara yang cukup ringan untuk diikuti oleh selain penggemar drama crime dan legal porsi 'berat'. Untuk kalian yang penasaran seperti apakah kira-kira suasana dalam sebuah firma hukum, mungkin drama ini bisa menyajikan gambarannya. Adakah yang sudah menonton drama ini? Bagaimana menurut kalian?

-Kwik-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih๐Ÿ˜Š

No SARA!