[REVIEW DRAMA] Blind (2022)

Blind (2022)


  • Judul: 블라인드 / Beullaindeu (Blind)
  • Genre: Misteri, thriller, crime
  • Episode: 16
  • Saluran Tayang: tvN, viu
  • Periode Tayang: 16 Sep - 05 Nov 2022
  • Jadwal Tayang: Jumat & Sabtu 22:40 KST
  • Perusahaan Produksi: Studio Dragon, Fantagio
  • Sutradara: Shin Yong Hwi
  • Penulis Naskah: Kwon Ki Kyung
  • Bahasa: Korea
  • Negara Asal: Korea Selatan

Sinopsis:

Ryu Sung-Joon (TaecYeon), Ryu Sung-Hoon (Ha Seok-Jin) dan Jo Eun-Ki (Jung Eun-Ji) terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantan yang melibatkan anggota juri sebagai korbannya. Mereka bertiga mencoba mengungkapkan kebenaran dibalik kematian yang terjadi.

Ryu Sung-Joon bekerja sebagai seorang detektif yang antusias. Dia selalu bertekad untuk menangkap orang-orang jahat. Karena tekadnya, tingkat penangkapannya selalu berada di antara peringkat atas. Kakaknya adalah Ryu Sung-Hoon yang bekerja sebagai seorang hakim. Ryu Sung-Hoon adalah seorang perfeksionis dan cukup cerdas hingga lolos ujian pengacara (bar exam) sebagai nilai tertinggi dan lulus sebagai peringkat tertinggi di angkatannya dari Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Dia adalah seorang pria jujur yang melakukan yang terbaik untuk memberikan keputusan yang adil. Jo Eun-Ki (Jung Eun-Ji) bekerja sebagai pekerja sosial. Dia memiliki hati yang hangat dan penuh dengan rasa keadial. Dia selalu mengutamakan orang lain dan mencoba menjadi wali yang dapat diandalkan bagi anak-anak yang datang dari latar belakang buruk. (Asianwiki)

Pemeran Utama:

  • Ok Taecyeon sebagai Ryu Sung Joon (30)
  • Ha Seok Jin sebagai Ryu Sung Hoon (35)
  • Jung Eun Ji sebagai Jo Eun Ki (29)

Jury:

  • Kim Ha Kyun sebagai Kang Young Ki (62)
  • Choi Ji Yun (최지연) sebagai Kwon Kyung Ja (47)
  • Jo Seung Yun sebagai Bae Chul Ho (52)
  • Chae Dong Hyun (채동현) sebagai Ahn Tae Ho (35)
  • Baek Seung Hee sebagai Yum Hye Jin (33)
  • Park Ji Bin sebagai Jung In Sung (30)
  • Choi Jae Sup (최재섭) sebagai Choi Soon Kil (49)
  • Oh Seung Yoon sebagai Charles / Lee Jong Soo (32)


Trailer:



Review:

Sudah lama rasanya Kwik tidak menonton drama dengan vibe dark semacam ini. Memang drama genre begini adalah genre favorit Kwik banget, sejak awal membaca sinopsisnya Kwik langsung tertarik dan memasukkan drama ini dalam daftar yang harus ditonton. Episode pembukanya agak membingungkan, dan sepintas memberikan vibe yang mirip dengan Awaken. Meskipun tayang di tvN, drama ini selayaknya drama-drama OCN yang warna latarnya penuh kegelapan. Perlu menaikkan brightness gadget kalian untuk bisa melihat tiap adegannya dengan lebih teliti... hehehehe...

Melihat karya-karya garapan sutradaranya, udah gak ragu lagi. Deretan judul drama genre crime thriller berbaris rapi, termasuk salah satu drama genre thriller favorit Kwik, yaitu Gap Dong dan Bad Guys. Dua drama Korea yang membuat Kwik sadar bahwa genre drakor tidak hanya yang manis-manis saja, dan genre thriller drakor tak kalah menariknya dengan genre lainnya.

Kwik hanya pernah nonton 1 drama karya penulisnya, tapi sering mendengar reputasi drama sharp 1 dan 2. Kwak juga pernah mereview salah 1 drama garapannya yaitu Andante. Nampaknya karya sang penulis kebanyakan bertema tentang sekolah dan coming of age story dan mungkin ini jadi karya genre thriller crime pertamanya.

Seperti yang sudah Kwik singgung di awal, episode 1 yang merupakan pembuka berisi adegan yang membingungkan. Sekelompok anak kecil berlari dari kejaran anjing dan beberapa penjaga. Diliputi dengan latar malam hari dengan tone yang sangat gelap, Kwik jadi semakin bingung mereka siapa dimana dan sedang apa? Adegan pembuka drama ini juga agak sensitif menurut Kwik, jadi bagi yang tidak kuat dengan adegan kekerasan dan berdarah-darah, harap berhati-hati dalam menontonnya yah... Beranjak pada adegan di masa sekarang (ketika para karakter dewasa), dimulai pula misteri yang baru. Namun layaknya Awaken, adegan pembuka para karakter cilik ini patut diperhatikan baik-baik dan akan terus menjadi kunci berjalannya alur drama ini.

Plot twist seakan menjadi kewajiban untuk drama bergenre semacam ini, dan tentunya berbagai karakter dengan gelagat yang mencurigakan semakin membuat drama ini menarik dan mengajak penonton untuk berpikir lebih jauh dalam menebak pelaku utamanya. Meskipun bisa dibilang pencinta drama thriller pasti seakan sudah memiliki beberapa kandidat pelaku utama, namun alur yang dibentuk drama ini membuat penonton menjadi agak-agak ragu dengan tebakannya. Pemilihan alur memang sangat krusial bagi drama misteri semacam ini, dan drama ini Kwik rasa sukses membangun tensi dan kebingungan penonton di awal hingga menjelang akhir drama. Sayangnya, beberapa episode terakhir terkesan agak dragging dengan tensi yang menurun dan tempo yeng melambat sehingga membuat penonton agak bosan. Pengungkapan pelaku utama terkesan diulur-ulur dengan sengaja memutar-mutar alur cerita. Mungkin kalau drama ini sebatas 12 atau 14 episode akan lebih pas dan tidak terkesan mengulur-ulur cerita.

Didukung dengan akting para pemerannya yang oke banget, drama ini jadi semakin menarik. Kwik paling semangat saat tau ada Park Jibin dalam daftar pemerannya. Selepas dari Wajib Militer, nih dedek aktor satu ini tuh sering ambil peran karakter-karakter villain dan ambigu gitu... Jadi pas dia muncul dengan sosok karakternya di drama ini, Kwik semacam otomatis menaruh curiga padanya... wakakka... Tapi apakah benar dia adalah pelakunya??? Silahkan nonton sendiri atau cari spoilernya pasti sudah banyak beredar di dunia maya... ahahha...

Meskipun ada beberapa hal yang agak-agak kurang sreg serta tensi yang seakan menurun di episode-episode terakhir, namun Kwik tetap puas dengan drama ini. Drama ini Kwik rekomendasikan bagi penggemar drama thriller crime dengan nuansa gelap.
Rating dari Kwik: 8,5/10

Original by Bebek K-po
-Kwik-

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan Komentar kalian !

Satu Komentar kalian memberikan motivasi bagi Kwik, Kwek, Kwak untuk menulis info & review terbaru
Terimakasih😊

No SARA!